December 02, 2020

Surat Al Falaq merupakan pasangan dari surat An Naas. keduanya disebut dengan surat Al Mu'awwwidzatain (dua surat perlindungan) .
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Ahmad dari Uqbah bin Amir ia berkata "Ketika aku sedang memandu Rasulullah SAW di sebuah jalan dari jalan-jalan (di daerah perbukitan) itu, tiba-tiba beliau berkata kepadaku: "Hai Uqbah, mengapa kamu tidak ikut naik"
.
Uqbah berkata, "Aku Khawatir hal itu (ikut menunggangi kendaraaan Nabi) merupakan kedurhakaan." Ia berkata , "Lalu Rasulullah SAW turun dan aku naik sebentar, kemudian Beliau naik, kemudian Beliau bersabda, "Wahai Uqbah, maukah kamu aku ajarkan dua surat terbaik yang dibaca oleh manusia?" Aku menjawab, "Tentu, wahai Rasulullah" Lalu beliau membacakan untukku surat Al Falaq dan surat An Naas. Kemudian tiba waktu shalat, beliau maju menjadi imam, lalu beliau membaca kedua surat tersebut, kemduian beliau lewat di hadapanku, lalu bersabda: "Bagaimana pendapatmu wahai 'Uqaib? bacalah kedua surat tersebut ketika hendak tidur dan ketika bangun dari tidur"
.
Hadits ini juga diriwayatkan oleh an Nasa'i dan Abu Dawud
.
Pada surat An-Naas kita berlindung dari kejahatan yang bersifat internal (halus/siir) dengan 3 sifat Allah, sedangkan pada surat Al Falaq kita berlindung dari kejahatan yang bersifat eksternal (jelas/jahr) dengan 1 sifat Allah. ini seperti mengindikasikan bahwa kejahatan yang bersifat halus lebih bahaya dibandingkan yang bersifat jelas.
.
Dalam surat Al Falaq, kita pertama berlindung dari kegelapan malam, dari sihir, dan dari kedengkian orang dengki. ketiga hal tersebut adalah hal yang harus kita sadari dan kita waspadai, dan harus selalu kita mohonkan perlindungan kepada Allah SWT.
.
Kedua surat ini (al mu'awwwidzatain) kemudian akan ditutup atau disempurnakan dengan surat al ikhlas.
.
Sampai jumpa di surat Al Ikhlas.

Subscribe