December 20, 2020

Sadarkah teman teman doa apa yang paling sering diucapkan oleh kita?
.
Jika diasumsikan umur kita saat ini 30 tahun, maka kurang lebih minimal doa ini telah kita ucapkan lebih dari 140 ribu kali sepanjang hidup kita. Doa yang paling sering kita ucapkan ternyata doa memohon petunjuk jalan yang lurus. Doa ini selalu terucap minimal saat kita melakukan shalat lima waktu pada kalimat "Ihdina shiratal mustaqiim". Permohonan petunjuk ini ternyata merupakan doa yang paling penting yang diajarkan oleh Allah kepada hambanya, dibandingkan permohonan doa lainnya. Mungkin kita tidak pernah sadar akan hal ini karena al fatihah sudah menjadi "rutinitas" yang dibaca sering, sehingga kurang meresapinya.
.
Pertanyaannya, dimanakah petunjuk itu berada, dan apakah doa kita yang sangat banyak itu sudah dikabulkan oleh Allah? Jika kita lanjutkan ke surat ke 2 dalam Al quran bisa kita temukan indikasi petunjuk tersebut adalah Al Quran. hal ini bisa kita dapatkan pada ayat ke dua "dzalikal kitaabu laa rayba fiihi, hudan lil muttaqiin" Quran adalah petunjuk bagi orang yang bertaqwa.
.
Lalu pertanyaan selanjutnya adalah, seberapa sering kita menjadikan quran sebagai petunjuk? Apakah quran selama ini hanya kita jadikan semacam "mantra" yang dibaca tanpa tahu apa artinya. Memang benar walaupun kita membaca quran tanpa memahaminya kita tetap dijanjikan 10 kebaikan oleh Allah SWT, tapi apakah esensi doa mohon petunjuk kita akan terjawab?
.
Sadarkah kita bahwa seluruh petunjuk kehidupan dari sebelum lahir sampai meninggal ada di Al Quran? seberapa sering kita mencari petunjuk di Al Quran saat menghadapi masalah hidup? saat memohon jodoh, saat memohon anak soleh, saat anak kesulitan belajar di sekolah, saat dicurangi teman sekantor, saat kesulitan rezeki, dan lain sebagainya.
.
Percayakah kita bahwa seluruh jawaban kita ada di Al Quran?


Subscribe